Pages

Minggu, 08 Januari 2012

Review Android App – DropBox: Menyimpan File Secara Online

Storage online saat ini sudah bukan barang baru lagi di dunia maya. Layanan storage online mulai dari yang berbayar dengan kapasitas besar sampai dengan yang gratisan dapat dinikmati dengan persyaratan tertentu. Dari berbagai storage online yang ada, kami cukup tertarik dengan DropBox yang memenuhi standar persyaratan penggunaan secara umum.


Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan DropBox, salah satunya adalah terhindar dari masalah teknis pada hard disk seperti terkena virus yang dapat menyebabkan kerusakan data secara permanen atau menghindari human error, sepertisalah format partisi pada saat ingin menginstal ulang dan faktor lainnya yang dapat menyebabkan data-data penting hilang atau tidak dapat dikembalikan.

Platform Samsung Galaxy Tab 7 Plus

Prosesor : Dual Core@1.2 GHz
Memory : 16 GB
Network : GSM/Edge/HSDPA
WiLan : WiFi 802 g/b/n
Bluetooth : Yes V.3.0 with A2DP
GPS : A-GPS Supported
Display : 7 inch
OS : Android 3.2 (Honeycomb)

Instalasi

Tombol yang tersedia untuk mengunduh aplikasi ini pada situs resminya (www.dropbox.com) merupakan sebuah link yang akan membawa Anda langsung ke Android Market Place. Kapasitas file instalasi pada saat diunduh adalah 3.1 MB dan memakan ruang memory berkisar 4.13 MB. Selain itu, Anda dapat menemukan beberapa komentar positif pada sesi review.

Feature

Dropbox memiliki kelebihan yang tidak semua aplikasi penyimpan data online lainnya miliki. Pihak pengembang aplikasi ini mempunyai beberapa layanan yang menyediakan kapasitas yang berbeda-beda. Kali ini kami berkesempatan untuk melakukan pengujian pada versi gratisnya dan menemukan beberapa feature menarik yang disediakan seperti:
Import dan Export – Anda dapat mengunggah dan mengunduh berbagai file langsung dari storage pada perangkat atau komputer. Proses untuk mengimpor dan mengexpor file sangat mudah dilakukan. Selama terdapat jaringan internet, mulai dari jpeg, xls, doc, ppt, zip, mp3, semuanya dapat disimpan pada DropBox.


View and Edit - Software ini selain dapat menyimpan file juga dapat mengedit dokumen langsung secara online tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Selain itu, bila memiliki file image maka Anda dapat membuka galery dan melihat lihat berbagai image yang telah diunggah. Hal ini dapat menghemat waktu daripada harus diunduh terlebih dahulu.


Share – Untuk berbagai keperluan bisnis ataupun pribadi, Anda dapat berbagi file langsung kepada rekan dan keluarga dengan cara mengirimkan link yang tertuju pada file yang akan di-sharing. Dengan aplikasi ini berbagi menjadi jauh lebih menyenangkan dan menghemat waktu tanpa harus melakukan pertemuan fisik untuk menyerahkan sebuah dokumen.


Every Where – Dimana pun itu tempatnya mengedit sebuah dokumen, melihat image, menyimpan file dapat dilakukan sambil tetap mengerjakan berbagai aktifitas lainnya. Anda tidak perlu terpaku didepan komputer untuk mengerjakan tugas kantor, sehingga semuanya dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

E-mail – Bila device Anda memiliki memory yang kecil sementara eksternal memori sudah penuh dengan berbagai file audio dan video, tidak perlu khawatir bila sesorang mengirimkan e-mail dengan attachment berukuran yang besar. Dropbox dapat mengantisipasi hal ini karena attachment e-mail dapat langsung disimpan ke dalam account Anda.

Akses - Setiap file dan folder yang berada pada media penyimpanan online ini dapat diakses dengan mudah. Cukup dengan satu sentuhan jari semuanya dapat dilakukan tanpa masalah. Selain itu, setiap folder dan file dapat diganti namanya langsung sesuai dengan keinginan hati.

Pengujian

Walaupun perangkat Anda tertinggal di taksi, semua data penting yang telah diunggah ke dropbox account akan tetap ada dan tidak dapat diakses bila tidak memiliki username dan password Anda. Dengan user agreement yang telah dibuat oleh pihak pengembang, data Anda tidak akan disebarluaskan atau disalahgunakan. Pihak pengembang menjanjikan keamanan dan privasi file yang telah diunggah.
Sebelum dapat menggunakannya, Anda diwajibkan memiliki account pada dropbox terlebih dahulu. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi atau sign up langsung dari aplikasi ini. Setelah proses registrasi selesai Anda dapat mulai melakukan kegiatan simpan menyimpan file.


Software ini memiliki tiga menu utama yaitu DropBox dimana terdapat folder Public dan Photo serta sebuah file pdf, kedua adalah Upload dimana setiap file yang diunggah dapat dilakukan melalui menu ini, dan yang ketiga adalah favorit. Disini Anda dapat memberikan tanda bintang sebagai penanda bahwa file tersebut sering digunakan dan dapat diakses secara offline.

Standar fungsional yang terdapat pada sebuah file editor seperti copy, paste, dan delete juga dapat dijumpai pada utility ini. Bahkan sebuah folder atau file dapat berganti nama bila diinginkan. Pembuatan folder baru untuk mengkategorikan dan pengelompokan file juga dapat dilakukan. Fungsi pengoperasian ini merupakan standar fasilitas yang diberikan untuk memanage data.

Dengan rating 93502 yang diperoleh pada Android Market Place, aplikasi ini telah banyak diunduh dan digunakan oleh para pengguna Android. Pengujian yang kami lakukan pada versi 2.0 ini merupakan freeware dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GigaByte. Untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar maka Anda diharuskan mengeluarkan uang sesuai dengan penawaran yang tersedia.

Melihat perkembangan software ini, beberapa pihak ketiga banyak mengembangkan utility tambahan yang dapat terintegrasi dengan Dropbox seperti Real Sync Dropbox Pro yang dapat mensinkronisasikan bukan hanya file tetapi seperti kontak, alamat, nomor telepon, kalender, dan berbagai hal lainnya.

Support

Dropbox.Inc mengembangkan aplikasi ini dengan feature yang ditanamkan dengan baik untuk memaksimalkan pengoperasiannya. Panduan file tersedia dan dapat diakses langsung dari menu Dropbox dalam bentuk pdf. Selain itu, software ini juga telah dioptimalisasikan untuk para pengguna Android dengan OS Ice Cream Sandwich.

Kesimpulan

Setelah pengujian yang kami lakukan, program ini menampilkan kinerja dan feature terbaiknya. Kemampuan untuk menyimpan data dan keamanan yang dijanjikan merupakan salah satu daya tarik yang sulit dilewatkan begitu saja. Selain sebagai media online, software ini sangat cocok buat yang memiliki mobilitas dan beban kerja yang tinggi.

Keterangan

Kategori
Utility, Storage online
Platform
Android OS 1.6 Keatas
Vendor
Dropbox.Inc
Versi
2.0
Info
www.dropbox.com



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More