Pages

Kamis, 26 Januari 2012

September, HP Lepas WebOS ke Komunitas Open Source

Palo Alto, AS - Bulan lalu, Hewlett-Packard (HP) telah mengumumkan WebOS akan 'dihibahkan' kepada komunitas open source. Kabar terbaru menyebutkan, source code lengkap platform tersebut akan dirilis ke publik pada September mendatang.

Pekan ini, perusahaan asal Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS) ini merilis versi 2.0 tool developer WebOS, Enyo. Tool ini memberikan akses langsung bagi komunitas open source ke berbagai framework aplikasi untuk WebOS.

Enyo 2.0 memungkinkan para developer membuat aplikasi tunggal yang bekerja untuk semua perangkat mobile dan browser web desktop dari WebOS, iOS, platform Android, Internet Explorer dan Firefox.

"Ini adalah langkah yang menentukan untuk memenuhi tujuan kami dalam mempercepat pengembangan platform tersebut dan meyakinkan manfaatnya bagi seluruh ekosistem aplikasi web," kata Bill Veghte, Executive Vice President dan Chief Strategy Officer HP, dilansir Los Angeles Times, Kamis (26/1/2012).

Elemen individual lainnya dari source code WebOS seperti aplikasi utama berupa email, kalender juga kernel Linux baru akan tersedia hingga full code base dikontribusikan ke komunitas open source.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More