Pages

Kamis, 19 Januari 2012

Skoda Uji Coba 10 Mobil Elektrik Octavia Green E Line

Walaupun Jepang dan Jerman merupakan dua negara produsen otomotif terbesar di dunia, teknologi mobil elektrik tidak hanya datang dari dua negara tersebut saja. Skoda, brand otomotif asal Ceko, pun telah menghadirkan mobil elektrik yang dinamakan Octavia Green E Line. Mobil ini pertama kali dipamerkan sebagai konsep dalam Paris Motor Show 2010. Kini, Skoda mulai melakukan pengujian lapangan dengan 10 mobil Green E Line di kota Mladà Boleslav.


Melalui pengujian ini, Skoda berharap bisa mendapatkan pengalaman praktis dengan tenaga penggerak elektrik sebelum akhirnya memproduksi model serupa untuk dipasarkan. Winfried Vahland, CEO Skoda, mengatakan bahwa pengembangan mobil ini terwujud melalui kerja sama dengan Volkswagen Group.

Mobil elektrik ini dibangun dengan rangka yang sama dengan mobil Octavia Combi, tetapi mesin pembakaran dalam mobil tersebut ditukar dengan motor elektrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 85kW atau 114hp. Kecepatan maksimum yang dapat ditempuh oleh Octavia Green E Line mencapai 135 kilometer per jam dengan torsi maksimum 199,2 lb-ft.

Skoda mengklaim mobil elektriknya ini dapat berlari dari kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 12 detik. Angka ini merupakan sebuah pencapaian yang signifikan untuk mobil elektrik, tetapi bukan waktu yang memukau jika dibandingkan mobil biasa. Jarak tempuh yang dihasilkan oleh baterai Lithium-ion pun tergolong standar, yaitu sejauh 150 kilometer.

Kapan mobil ini akan tiba di pasaran? Berapa harga yang akan dipatok untuk model ini? Mari kita tunggu dan lihat bersama!




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More