Pages

Rabu, 25 Januari 2012

Suguhan Tradisional sang Demang

detail berita

BACK ribs special jadi menu andalan restoran ini. Dua buah iga yang besar dengan daging empuk dan saus khas Demang. Masih ada lagi menu lokal dan Barat yang ditawarkan. Apa saja?

Sore itu SINDO tengah menyusuri kompleks Sarinah, pusat perbelanjaan yang sering disambangi Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk berbelanja ketika masih tinggal di Jakarta. Nah, di samping Sarinah, berlokasi di Gedung La Mounte atau tepatnya di pelataran parkir, terdapat sebuah restoran yang menarik perhatian.

Demang Restaurant and Coffee Lounge, begitulah tulisan yang terpampang pada papan nama yang dipasangnya. Tanpa pikir panjang, langsung saja SINDO masuk untuk mengetahui apa sih kira-kira makanan yang disajikan?

“Makanan di sini sekitar 70 persen lokal, selebihnya makanan Western,” kata Manajer Restoran Demang Nurcan Anandi yang menyambut SINDO.

Nama Demang identik dengan staf pemerintahan pada zaman kolonial Belanda. Jabatan setingkat lurah tersebut sengaja diambil agar pengunjung bisa mengetahui makanan yang disuguhkan, terdiri atas makanan tradisional dan Barat.

“Ceritanya, zaman dulu seorang demang suka menjamu orang Belanda. Makanan Nusantara pastilah jadi suguhan. Tapi, karena tamunya orang bule, makanan Barat juga disediakan,” ujar Nurcan.

Langsung saja dengan menu pembuka berupa kentang goreng teri, sayap ayam goreng, dan tahu telur. Kentang goreng teri ini cukup unik.Kentang goreng dipadukan dengan ikan teri medan, paprika, dan cabai kering. Sementara menu Baratnya, untuk appetizer seperti calamary, salad, dan fried mushroom.
Mau langsung masuk ke menu utama juga boleh. Di sini ada aneka nasi goreng, seperti nasi goreng kampung ala Demang dengan bumbu khas yang sarat rempah, nasi goreng kambing, nasi goreng ikan teri, dan nasi goreng seafood. Pada daftar menu, menu lokal dan Barat selalu berdampingan.

Untuk makanan Barat, di antaranya carbonara, bolognaise, dengan pilihan pasta fettuccine, spaghetti, dan penne. Mau mi juga ada, pilihannya mi goreng kampung demang, kwetiau, atau duck fried noodles.

Namun, SINDO memilih yang lain, gurame dua rasa. Biasanya gurame disajikan satu macam rasa saja. Nah, inovasi Demang adalah menyediakan dua jenis masakan dari gurame dalam satu porsi. Daging gurame sebelumnya sudah dipotong-potong, dan disajikan gurame goreng tepung dengan saus sechuan, sementara di sebelahnya gurame tausine. Ada rasa asam manis sekaligus asin dalam sajian istimewa ini.

Hidangan gurame lain adalah gurame kuah rempah yang ditawarkan dengan bumbu rempah yang terdiri atas kunyit, lengkuas, serai, serta tambahan nanas dan kemangi. Tenang saja, guramenya sudah dikarantina seharian. Jadi, ketika disantap tidak berbau lumpur.

Bagi yang suka bebek, coba di sini. Sebelum diolah, daging bebek diberi aneka bumbu ungkep guna menghilangkan bau amis. Proses ini berlangsung selama delapan jam, baru daging diolah sesuai pesanan. Bebek rica-rica dan bebek hideng bacem adalah andalan Demang.

Untuk menu ayam, ada ayam besengek yang direndam dengan bumbu khas Bali, juga ayam klojotan bagi yang suka pedas. Ayam ini direndam dengan santan dan ditambah cabai hijau. Macam lainnya seperti ayam bakar taliwang, goreng kremes, bacem, dan cabai hijau.

Yang berkuah, ada soto betawi dan sup iga.Sup buntut rica-rica sangat direkomendasikan. Daging buntut disajikan terpisah dengan kuah sup. Melihat buntutnya pasti menantang, sebab daging buntut dimasak rica-rica puedesnya pol!

Back ribs special menjadi makanan lain yang patut dicoba. Iganya ada dua buah dan besar-besar. Dagingnya banyak dan ada sedikit lemak berwarna putih yang lembut. Sausnya yang sekaligus bikin enak, manis. Pokoknya puas deh menyantap menu ini. Kalau untuk wanita, agaknya tidak sanggup menghabiskan sendiri. Apalagi ada nasi.

Penutupnya, demang sangria. Soda yang berisi potongan jeruk, mangga, dan passion fruit. Kalau ingin santai di sore hari, camilan yang bisa dipilih pisang goreng unti, cheese cake, tiramisu, dan singkong garlic.

Secangkir teh atau kopi akan menjadi teman yang pas. Mengambil kopi lokal, campuran arabika dan robusta, rasa kopi khas Demang cukup ringan. Tidak terlalu pahit dan asam. Kalau pesan kopi antara pukul 13.00–15.00 WIB, ada free snack.
Restoran dengan dua ruang privat ini kalau diperhatikan sebenarnya terdiri atas tiga area. Restoran di tengah dan di kanan-kirinya lounge serta coffee shop. Menu makanan ditawarkan dengan harga Rp13.000–165.000 dan Rp10.000–45.000 untuk minuman.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More