Pages

Jumat, 27 Januari 2012

Tantangan Lenovo Dijawab 1.521 'Doer'

Ilustrasi (lenovo)
Jakarta - Kompetisi Lenovo Do Network yang diluncurkan beberapa waktu lalu terbilang sukses memenuhi misinya. Yakni untuk membantu 'Doer' -- sebutan bagi mereka yang ingin berinovasi -- menghidupkan ide-idenya.

Hal itu terlihat dari jumlah entri yang mencapai 1.521 dari Indonesia, India dan Rusia untuk kompetisi Lenovo Do Network. Untuk Indonesia sendiri, para peserta yang ambil bagian mengirim 614 entri.

Do Network adalah platform online untuk memberi inspirasi bagi orang-orang untuk berbagi dan mendiskusikan ide-ide yang mereka sukai, membentuk tim proyek dan mengembangkan ide-ide mereka menjadi rencana kongkret dan tindakan nyata. Selain platform tersebut, Lenovo juga memberikan sumber daya dan mentor untuk membantu para peserta.

Di samping partisipasi aktif para pangguna dalam mengirim proyek, Do Netwok juga telah menarik minta dari masyarakat sekitar, sehingga menghasilkan 36.196 registrasi di website Do Network di ketiga negara hingga hari ini, Jumat (27/1/2012).

Tantangan-tantangan yang diajukan oleh Do Network dalam putaran kampanye ini berupaya menjawab berbagai persoalan yang ada di masyarakat setempat. Tantangan tersebut meliputi pendidikan portable, kemacetan lalu-lintas, produk dan kemajuan.

Tantangan keempat adalah tantangan dengan tema bebas (wildcard), yang juga memberi kesempatan kepada para Doer untuk mewujudkan ide-ide perseorangan mereka yang tidak termasuk dalam kategori tantangan spesifik, tapi masih sesuai dengan tema penemuan teknologi.

Beberapa contoh proyek yang menarik adalah ClassPluss, pendistribusian materi-materi pendidikan tambahan dalam bentuk program-program yang ditargetkan untuk memajukan pendidikan di daerah-daerah terpencil.

Ada juga @InfoJalanKaki, aplikasi berbasis Android yang diinstal pada tablet Lenovo yang memungkinkan para pejalan kaki untuk memberikan informasi tentang jalan.

"Voting untuk proyek-proyek sudah dimulai dan kami sangat berharap dan senang bahwa beberapa ide dapat membantu menciptakan hasil-hasil positif bagi masyarakat setempat. Proyek-proyek ini juga telah menghasilkan 94.264 vote hanya dalam waktu 15 hari setelah masa voting dimulai," kata Sandy Lumy, Country General Manager Lenovo Indonesia, dalam keterangannya.

Onno W. Purbo yang menjadi salah satu mentor bersama Budiputra dan Nurdin Nurdiansyah pun terkesan dengan ide-ide para peserta.

"Saya sangat terkesan dengan proyek-proyek besar yang dikirimkan generasi muda Indonesia dan berharap pemerintah dapat melihat kemampuan luar biasa ini, yang membuat Indonesia memiliki kelebihan yang kompetitif dibandingkan negara-negara tetangga," tukasnya.

Voting untuk proyek 10 besar Do Network telah dimulai sejak 5 Januari 2012 dan berlanjut hingga 25 Januari. Ke 10 finalis akan diumumkan pada 11 Februari 2012. Setelah itu voting akan dilanjutkan untuk menentukan tim juara.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More