Pages

Selasa, 10 Januari 2012

USB 3.0 Akan Segera Hadir di Perangkat Tablet dan Smartphone

USB 3.0 akan segera hadir di perangkat tablet dan smartphone! Standar tersebut akan segera menggantikan USB 2.0 yang saat ini menjadi standar port komunikasi utama di perangkat tablet dan smartphone.


Hadirnya USB 3.0 ke tablet dan smartphone tersebut diungkapkan oleh Rahman Ismail, salah satu perwakilan USB Implementer Forum, suatu badan non-profit yang mendukung penggunaan port USB di berbagai perangkat, di acara CES 2012. Menurut Rahman, perangkat-perangkat tablet dan smartphone yang menggunakan port micro USB 3.0 diperkirakan akan mulai banyak bermunculan di akhir tahun 2012 ini.

Dibandingkan USB 2.0, kehadiran USB 3.0 di perangkat tablet tentunya akan membawa beberapa kelebihan. Transfer data antara perangkat ke komputer akan dapat dilakukan dengan lebih cepat karena USB 3.0 memiliki kecepatan transfer yang tinggi. Sayangnya, karena berbagai keterbatasan, diperkirakan kecepatan transfer yang dicapai USB 3.0 di tablet dan smartphone tidak akan setinggi di media penyimpanan eksternal, tetapi cukup jauh di atas standar USB 2.0. Selain itu, dukungan daya yang lebih besar juga memungkinkan pengisian ulang baterai perangkat yang lebih cepat bila menggunakan USB 3.0.


Standar USB 3.0 saat ini sudah banyak digunakan di berbagai perangkat, terutama untuk media penyimpanan eksternal seperti harddisk portabel dan flash disk. Sayangnya, hingga saat ini, penggunaannya pada perangkat tablet dan smartphone masih belum terlihat. Tetapi, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan USB 3.0, sudah sewajarnya para produsen perangkat tablet dan smartphone mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi standar tersebut ke produk-produk mereka.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More