Pages

Selasa, 17 Januari 2012

Alis Mata Masih Hitam Tapi Rambut Kepala Sudah Beruban

img
Seiring usia, setiap orang tentu akan mengalami perubahan warna rambut kepala menjadi putih alias beruban. Tapi tidak setiap orang mengalami pertumbuhan uban di rambut alis. Ada orang yang meski sudah beruban rambut alisnya tetap terlihat hitam. Mengapa demikian?

Secara normal ketika rambut di kepala mulai beruban, maka rambut alis juga akan mengalami perubahan warna. Namun bila rambut kepala sudah mulai memutih sedangkan alis tetap berwarna hitam atau gelap, maka Anda perlu segera memeriksakan kadar gula darah.

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa kadar gula darah yang tinggi dapat mencegah rambut alis pada pria menjadi beruban, sehingga banyak pria diabetes yang rambut alisnya tetap hitam meski kepalanya sudah berubah putih.

Metabolisme yang buruk pada pasien diabetes dapat memperlambat pertumbuhan uban di alis, seperti dilansir US News, Selasa (17/1/2012).

Dalam peneliti yang melibatkan 100 pria antara usia 50 hingga 70 tahun, menemukan bahwa pria dengan rambut beruban namun alis tetap gelap, 76 persen lebih mungkin menderita diabetes. Sementara hanya 18 persen pria dengan rambut beruban dan alis beruban yang menderita diabetes.

Pada dasarnya penyebab uban di alis hampir sama saja dengan uban di rambut kepala, antara lain karena faktor keturunan, diet tidak sehat, merokok, kurang minum air, stres dan kecemasan.

Akar setiap helai rambut dikelilingi oleh sebuah tabung dari jaringan di bawah kulit yang disebut dengan kantung rambut (follicle). Setiap kantung rambut berisi beberapa pigmen sel.

Pigmen sel ini terus memproduksi zat kimia yang disebut dengan melanin, yang memberikan pertumbuhan batang rambut berwarna coklat, hitam, blonde, merah dan lainnya. Pigmen eumelanin (untuk rambut hitam dan coklat tua) serta pheomelanin (untuk rambut kuning dan merah).

Melanin ini juga zat yang memberikan warna pada kulit. Hal ini membantu menentukan apakah seseorang terkena sunburn atau tidak. Gelap atau tidaknya warna rambut seseorang tergantung dari kandungan melanin masing-masing orang.

Semakin orang menjadi tua, maka sel-sel pigmen di kantung rambut secara bertahap juga akan mati. Bila sedikit kandungan pigmen sel dalam kantung rambut, maka setiap helai rambut tidak lagi berisi banyak melanin dan akan mengubah warna rambut menjadi abu-abu atau putih selama pertumbuhannya.

Semakin lama pigmen selnya semakin sedikit, yang pada akhirnya rambut akan seutuhnya berwarna abu-abu atau putih.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More