Pages

Selasa, 17 Januari 2012

Hindari Minum Kopi Saat Radang Tenggorokan

img
  Radang tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Karenanya ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, salah satunya adalah menghindari minum kopi.

Bila radang tenggorokan menyerang maka akan timbul rasa nyeri dan sakit di tenggorokan yang kadang disertai dengan mual, menggigil, kehilangan nafsu makan dan sakit kepala. Namun kebiasaan yang dimiliki seperti minum kopi kadang sulit dihilangkan.

Efek samping yang muncul dari radang tenggorokan adalah perasaan kering dan gatal. Ketika hal ini terjadi, hindari makanan dan minuman yang bisa membuat tenggorokan bertambah kering.

Salah satunya adalah minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda, karena kafein bisa membuat mulut jadi kering yang bisa memperburuk gejala radang tenggorokan yang muncul, seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (17/1/2012).

Selain itu kafein juga meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami dehidrasi karena ia bersifat diuretik alami, padahal orang yang radang tenggorokan butuh cairan yang cukup agar gejalanya mereda.

Sebagai alternatif, cobalah mengganti asupan kafein dari kopi dengan teh yang ditambah dengan lemon atau madu. Hal ini karena kandungan kafeinnya lebih sedikit dan bersifat menenangkan.

Cairan lain yang mungkin masih bisa ditoleransi oleh orang dengan radang tenggorokan termasuk milkshake, sup dan air putih. Usahakan untuk konsumsi cairan sebanyak mungkin agar membantu mencegah dehidrasi yang bisa memperburuk gejala.

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan leh banyak hal seperti virus (mononucleosis), sering bernapas menggunakan mulut, merokok, infeksi bakteri yang kebanyakan akibat Streptococcus.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More