Pages

Minggu, 15 Januari 2012

JagatTalk : Let’s Use Licensed Software!

Pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2012 kemarin, Jagat Review kembali mengajak para follower @jgtreview untuk memberikan pendapat melalui media JagatTalk. JagatTalk adalah media tukar pendapat antar-Tweeps yang dibuka setiap hari Jumat malam hingga Sabtu sore di Twitter @jgtreview yang merupakan channel resmi JagatReview di Twitter.  Tweeps follower @jgtreview bebas mengemukakan pendapatnya dalam JagatTalk, tetapi tentunya dengan memperhatikan persyaratan 140 karakter di Twitter dan menyertakan tag #jgttalk.

Minggu ini, JagatTalk hadir kembali dengan tema “Apakah kita perlu menggunakan software original dan berlisensi resmi?” . Sudah kita ketahui sendiri bahwa sekarang sudah banyak terjadi pembajakan pada software-software berlisensi resmi yang berbayar. Kita pun dapat mendapatkan software bajakan tersebut secara gratis dan tetap memiliki fitur yang sama seperti yang original. Nah, bagaimana pendapat tweeps mengenai software original ini masalah ini? Apakah masih perlu menggunakannya? Mengapa?


@kirzyebira mengatakan “Soft Original saat ini sdh sgt terjangkau. Di App Store byk apps < $5 bhkan free tp sgt powerful. PLEASE, RESPECT THE ©”. Memang benar, sekarang banyak aplikasi yang dipublikasikan secara resmi bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau, selain itu dengan membeli dan menggunakan aplikasi yang original kita turut menghargai si pembuatnya, seperti kata @kirzyebira.

Berlawanan dengan pendapat yang sebelumnya, @steromfel berpendapat “software ori, saya rasa tidak perlu karena sudah banyak software gratisan yang berfungsi sama baik bahkan lebih baik”. Sebelumnya, ada sedikit kebingungan dari tweet @steromfel tersebut, apakah yang dimaksud gratisan itu software berlisensi tetapi gratis atau gratis gara-gara dibajak. Karena hampir dapat kita pastikan bahwa software bajakan tidak akan bekerja lebih baik daripada yang original.  Bahkan untuk perusahaan besar, walaupun segala pekerjaannya dapat diselesaikan menggunakan software bajakan, tetapi tetap ada ketentuan untuk menggunakan software asli dan berlisensi karena ada kewajiban-kewajiban yang harus dipertanggungjawabkan terhadap pihak luar/public.

Kami setuju dengan jawaban dari @damar_n “sebenarnya perlu..krn itu adalah hasil karya org lain..masa ga mau bayar?..kl ga mau bayar, pakai opensource..”. Ya, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan. Bila kita membutuhkan sebuah software untuk pekerjaan kita, maka pergunakanlah software original dan berlisensi resmi. Jika software original tersebut berbayar, kita harus rela mengeluarkan budget untuk membelinya, karena software itu mendukung pekerjaan kita. Lalu, jika software berbayar tersebut memiliki harga yang terlalu tinggi, cobalah mencari software opensource dengan fungsi yang sama dan memang diberikan secara gratis.

Nah, tadi itu adalah pendapat dari beberapa tweep follower @jgtreview yang ikut berpartisipasi dalam JagatTalk minggu ini. Bagi Anda yang belum berpartisipasi, jangan lupa untuk berpartisipasi dalam JagatTalk berikutnya ya, pastinya dengan topik-topik yang menarik!

Jagat Review bersamaan dengan artikel JagatTalk kali ini, mengumumkan bahwa JagatTalk akan berubah waktu dari Kamis malam menjadi Jumat malam sampai dengan Sabtu sore. Jadi Tweeps yang sudah mem-follow Jagat Review, jangan sampai lupa untuk selalu berpartisipasi dalam JagatTalk di jadwal yang barunya ya.




Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More