Pages

Rabu, 11 Januari 2012

MSI GE620DX, Mesin Game di Atas Pangkuan

MSI GE620DX (eno/inet)
Jakarta - Laptop dengan kinerja tinggi semakin banyak di pasaran. Salah satunya MSI, dengan GE620DX yang disebut-sebut sebagai komputer jinjing untuk gamer.

Menyandang gelar sebagai notebook gamer pastinya tak lepas dari spefikasi kelas atas. Tengok saja prosesor yang digunakan, Intel Core i5 2430M 2,4 GHz, Nvidia GeForce GT 555M 2 GB, belum lagi memori berkapasitas besar.

Lalu bagaimana dengan peformanya? Tunggu dulu, sebelum membahas lebih lanjut seberapa handal produk ini memuaskan gamer, kita lihat dulu desainnya yang terlihat sederhana.


Desain Sederhana

Ya, dibandingkan dengan notebook gamer lainnya seperti Asus G74S, produk ini memang terlihat biasa. Tak ada desain radikal atau pun warna yang nyeleneh. Indikasi gamer hanya tampak pada pengguna keyboard.

MSI GE620DX memiliki keyboard yang dilengkapi dengan deretan tombol numpad layaknya komputer desktop. Sangat pas, mengingat banyak game yang akan lebih mudah jika dimainkan dengan tombol tersebut.


Makin asyik lantaran tombol WSAD dibuat berbeda dengan balutan warna merah. Game yang sering memainkan game FPS pasti akan terbantu sekali dengan fitur ini.

Keyboard GE620DX menggunakan model chiclet berukuran kecil, inilah yang menjadi masalah. Sering sekali terjadi salah pencet saat dipakai untuk memainkan game cepat, seperti Battlefield 3.

Berbeda dengan tombol yang terlihat mungil, area trackpad justru dibuat sangat luas. Sangat nyaman digunakan, meski 2 jari menari-nari di atasnya.


Di bagian kiri notebook ini terdapat 2 port USB 3.0 yang bersebelahan dengan HDMI dan jack 3,5mm untuk audio. Sedangkan di sebelah kanan hanya terdapat sebuah port USB, DSub, Ethernet, serta DVD-RW.

Kemudian soal kualitas suara. Meski tidak memakai embel-embel produsen speaker ternama, namun kualitasnya cukup baik. Suara stereo yang keluar terdengar lantang dan jelas.


Layar Mungil, Resolusi Besar

MSI GE620DX hadir dengan layar LED 15,6 inch. Meski terbilang kecil untuk gamer, tapi mampu menghasilkan resolusi 1920x1080 pixel. Cukup tajam, walau terkadang sulit untuk membaca tulisan yang mengecil.

Layar ini juga memiliki sudut pandang yang luas, tidak ada penurunan kualitas gambar meski dilihat dari samping kiri dan kanan. Sayang, pantulan gambar pada layar ini cukup mengganggu kenikmatan saat bermain game.


Peforma Oke

Kombinasi antara prosesor Intel Core i5 dengan kartu grafis Nvidia membuat produk ini memiliki performa yang bisa diandalkan.

Pada aplikasi 3DMark 06 produk ini berhasil menorehkan angka 10380, sedangkan di 3DMark Vantage memperoleh P6494, dan di PCMark Vantage sebesar 6712. Cukup perkasa bukan?


Ketika digunakan detikINET untuk memainkan Modern Warfare 3, masih cukup nyaman meski digeber pada resolusi maksimum.

Kemudian soal daya tahan baterai. Soal jeroan boleh mengusung spesifikasi kelas wahid, tapi baterai yang digunakan hanya berkapasitas 4400mAh.

Saat dipakai untuk menonton film High Definition (HD) produk ini bertahan hampir 4 jam, tapi ketika digunakan untuk bermain game cuma sanggup tak lebih dari 3 jam.


Kesimpulannya, MSI GE620DX memang pantas menjadi salah satu notebook pilihan gamer. Selain performanya mumpuni sebagai komputer jinjing, beberapa fitur bawaannya juga memikat. Sebut saja USB 3.0, kamera HD, serta kualitas suara yang cukup baik. Namun semua itu harus ditebus dengan kisaran harga Rp 8 juta.

Kelebihan:
+ Performa oke
+ Harga bersaing
+ Layar sudah full HD

Kekurangan:
- Tuts keyboard kecil
- Baterai kurang besar


Spesifikasi MSI GE620DX


  • Processor Intel Core i5 2430M 2,4 GHz
  • Memori DDR3 4 GB
  • Hardisk 640GB SATA
  • Kartu grafis: NVIDIA GeForce GT 555M Optimus
  • Layar 15,6 1920x1080
  • Port: USB 2.0, USB 3.0, HDMI, D-Sub, Ethernet dan jack audio 3,5mm
  • Optical Drive DVDRW
  • Kapasitas Baterai: 4400mAh
  • Bobot: 2,996 (dengan baterai)


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More