Pages

Selasa, 10 Januari 2012

Pengawas Internet Diminta Rangkul Komunitas Hacker

Jakarta - Berbagai harapan disematkan ke pundak pengurus baru Indonesia-Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII). Salah satu yang dianggap penting adalah, level pimpinan tim pengawas internet Indonesia ini dapat menggandeng kalangan underground.

Adapun yang dimaksud kalangan underground di sini adalah para penggiat IT yang bergerak di lintas komunitas 'bawah tanah'. Stereotype yang melekat pada mereka adalah para hacker, meski tak semuanya juga yang bisa dibilang sebagai peretas.

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gatot S. Dewa Broto, kalangan underground ini memiliki idealisme dan kemampuan yang tinggi. Nah, jika bisa diarahkan tentu ini akan bisa berkontribusi kepada negara.

"Ibaratnya kalau ada serangan, jangan sesama bangsa Indonesia saling merusak. Paling tidak dicari solusi yang membangun," tukasnya kepada detikINET.

Beruntung, lanjut Gatot, ada salah satu pengurus Id-SIRTII yang baru, dekat dengan komunitas hacker ini. "Tentu ini bisa menjadi point plus untuk mempererat hubungan komunikasi dengan kelompok underground," lanjutnya, tanpa menyebut nama pengurus baru yang dimaksud.

Tugas Id-SIRTII sendiri ke depannya dikatakan bakal semakin berat lantaran serangan terhadap keamanan jaringan Tanah Air kian deras. Tentu ini menjadi tugas Id-SIRTII untuk memperkecil ancaman yang ada.

"Dihilangkan semuanya tentu sulit, setidaknya diminimalisir. Dari Kominfo juga mengingatkan kepada semua institusi untuk melakukan self protecting karena sumber daya Id-SIRTII juga terbatas," tukas Gatot.

PR Id-SIRTII yang lain adalah apakah akan tetap di bawah Ditjen Penyelenggara Pos dan Informatika atau dipindahkan ke Ditjen Aplikasi dan Informatika. Sebab di sana juga ada Direktorat Keamanan Jaringan.

"Tapi itu nanti lah. Selain itu juga terkait finalisasi RUU Konvergensi. Kita juga akan melihat bagaimana isu keamanan jaringan di-insert pada RUU Konvergensi itu," pungkasnya.

Sebelumnya, meski sudah menunjuk lima orang pengurus baru di level pimpinannya, siapa yang bakal menduduki posisi puncak atau Ketua Pelaksana Id-SIRTII masih belum jelas. Kabar yang merebak, posisi strategis itu sudah 'dibooking' oleh orang dari Kementerian Kominfo.

Sementara kelima orang pengurus baru tim pengawas internet periode 2012-2015 adalah Muhammad Salahuddien, Bisyron Wahyudi, Iwan Sumantri, Mizamil, dan Muhammad Salman.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More