Pages

Minggu, 01 Januari 2012

Waspada Kanker Saat Pesta Barbeque

detail berita
SAAT acara pesta, salah satu agenda favorit yang Anda tunggu-tunggu adalah barbeque. Yuk, ketahui dulu aturan-aturan sebelum pesta spesial ini dimulai.

Para pakar kesehatan dari Pusat Penelitian Kanker Universitas Texas memberikan panduan BBQ yang baik agar Anda dan orang-orang yang Anda sayangi terhindar dari zat pemicu kanker, yaitu karsinogen, tanpa mengurangi lezatnya santapan BBQ Anda. Pasalnya, saat membakar/memanggang daging atau makanan lain di atas api langsung, akan menghasilkan karsinogen dalam jumlah besar.

Berikut aturan main nan sehat saat pesta barbeque Anda dimulai:

Pangganglah daging dengan baik

Jangan panggang daging terlampau lama. Memanggang protein seperti daging, unggas, atau ikan dapat menyebabkan pembentukan heterocyclic amines (HCA), suatu zat yang dikaitkan dengan kanker usus, tumor paru-paru, dan kanker payudara.

"HCA dapat merusak DNA pada gen Anda, yang mengarah pada perkembangan kanker," jelas Vicki Piper, seorang senior ahli diet klinis Universitas Texas, sebagaimana dilansir Menshealth, Minggu (1/1/2012). Jadi angkat daging, sebelum menjadi hitam.

Grilled paprika dan nanas Anda dengan aman

Tidak seperti daging, sayuran dan buah-buahan tidak membentuk HCA ketika dipanggang. Jadi jika Anda ingin memanggang paprika dan nanas Anda, itu tidak masalah. Namun yang perlu diperhatikan, untuk menghindari zat buruk HCA, kikis sisa-sisa daging yang menempel pada panggangan.

Bumbui daging Anda terlebih dahulu

Selain untuk memperkaya kelezatan daging yang bakal kita santap. Perendaman daging dalam cuka atau jus lemon berbasis bumbu bersama dengan tumbuh-tumbuhan seperti daun mint atau rosemary dapat mengurangi pembentukan HCA hingga 96 persen.

Kikis lemak daging sebelum dipanggang

Lemak dari daging, ikan, atau unggas cenderung menetes ketika dipanggang. Ketika menetes melalui jeruji di atas panggangan panas, asap yang dihasilkan dipenuhi dengan penyebab kanker, yakni zat polycyclic aromatic hydrocarbons/PAH. Zat PAH ini menyelimuti makanan yang diselimuti asap di panggangan. Jadi, hilangkan lemak dari daging sebelum Anda meletakkannya ke atas panggangan.

Kini, Anda sudah lebih banyak tahu kan tentang bagaimana menjaga kesehatan meski sedang berpesta. Selamat memanggang!



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More