Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Agar Tubuh Tak Gampang Sakit di Musim Hujan

img
Jakarta - Di saat musim hujan seperti sekarang, berbagai ancaman penyakit mulai mengintai karena virus, bakteri dan jamur mudah berkembangbiak. Ada beberapa cara sehat agar Anda tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

Beberapa penyakit yang mudah menyerang di musim hujan antara lain, penyakit yang disebabkan virus (flu, demam berdarah dan muntah), bakteri dan parasit (diare, disentri, cacingan), jamur kulit, asma, serta hidung tersumbat.

Agar tetap sehat di musim hujan, Dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, FIHA dalam penjelasannya kepada detiKHealth, Jumat (3/2/2012), memberikan saran berikut:

img
1. Jangan lupa olahraga
Usahakan melakukan pemanasan badan dengan olahraga ringan pada pagi hari. Sedikit stretching, jalan cepat, loncat-loncat sudah akan membuat sedikit berkeringat dan menghangatkan badan.

Sesampai tempat kerja, gunakan tangga sesering mungkin (jika kerja di lantai 23, cukup naik lift sampai lantai 21, lalu naik tangga sampai lantai 23).


img
2. Sediakan sepatu dan kaus kaki kering di kantor
Sediakan sepatu, kaus kaki (pria), stocking (wanita) ekstra di kantor sehingga kaki tidak perlu basah. Lebih praktis lagi jika sepatu kantor hanya dipakai di kantor. Waktu pergi dari rumah gunakan sepatu lain atau bahkan sendal yang mudah dikeringkan sehingga sampai di kantor.

Kaki dan jari yang lembab merupakan daerah yang mudah untuk ditumbuhi jamur baik kulit atau kuku. Jamur kulit kaki bisa menyebabkan bau yang keras, sementara jamur kuku perlu waktu lama untuk penyembuhan.

img
3. Minum air putih hangat, jangan kafein
Minumlah air putih hangat, bisa diberi sedikit jahe tanpa gula atau pepermint, beberapa tetes juruk nipis. Ini akan membantu menghangatkan badan dan mengurangi lapar. Hindari minum kopi atau teh karena akan memacu buang air kecil lebih banyak, sehingga menyebabkan kekurangan cairan yang tidak disadari.

img
4. Perbanyak makan buah
Sediakan buah seperti pisang, apel, pear atau mangga yang sudah dikupas, jeruk yang sudah ranum dalam kotak plastik ringan untuk disantap sewaktu-waktu lapar. Ini akan menghindarkan kelebihan masukan karbohidrat dari tepung seperti roti, nasi, biskuit, crackers, gula, kelebihan garam dan lemak.

img
5. Jangan lupa payung
Jangan lupa membawa payung sebelum Anda keluar rumah, bahkan kalau perlu topi plastik yang biasa digunakan kalau mandi, daripada kepala pusing kebasahan atau sakit.




Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More