Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Indonesia Bisa Jadi Pusat Bisnis e-Commerce Global

Jakarta - Indonesia tak lagi dipandang sebelah mata oleh dunia, setidaknya dalam hal aktivitas jual beli di internet. Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan asing yang serius berbisnis e-commerce di negara ini.

"Indonesia akan menjadi pusat bisnis dunia, terutama bisnis online khususnya e-commerce," kata Arnold Sebastian Egg, founder sekaligus pimpinan Tokobagus.com, Sabtu (12/1/2012).

Keyakinan Arnold yang sempat disampaikan saat menjadi pembicara utama dalam seminar bertema 'Expanding New Generation of Characterpreneur' di Gedung SMESCO, Jakarta, antara lain karena tingginya PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia.

"PDB Indonesia saat ini tertinggi masih dari sektor minyak dan Gas. Sedangkan PDB dari sektor internet baru berkisar 1,6% padahal Indonesia saat ini menempati peringkat kelima sebagai negara dengan pengakses internet terbesar dunia, setelah China, India, Brazil, dan Belanda," kata dia.

Posisi Indonesia sendiri masih berada di atas Amerika Serikat (AS) yang notabene negara dengan penghasil piranti canggih dunia. Hal inilah yang membuat Arnold yakin bahwa Indonesia akan menjadi pusat bisnis online dunia seiring dengan semakin banyaknya pemain-pemain baru yang berekspansi di bisnis ini.

Faktor itu yang kemudian membuat Tokobagus dan sejumlah perusahaan online lainnya yakin bisa sukses berbisnis di Indonesia. Bahkan, Multiply yang semula berbasis di AS, telah membulatkan tekadnya untuk memindahkan markasnya ke Indonesia karena potensi yang begitu besar dari negara ini.

"Untuk sukses di bisnis ini, kita harus mendengarkan user, tampung keinginan mereka, dan jaga hubungan dengan user. Tampilan Tokobagus yang user friendly sekarang ini adalah salah satu contoh komitmen kami untuk menjaga hubungan dengan customer," papar Arnold.

“Dengan jumlah pengunjung mencapai 10 juta views per minggunya, itu jauh dibanding dengan jumlah pengunjung 14 mall besar di Jakarta yang rata-rata cuma dikunjungi 35 ribu pengunjung setiap harinya, ini sebuah potensi bisnis yang sangat besar. Buatlah konsumen memiliki pengalaman dan kesan yang baik saat mengunjungi toko anda. Itulah yang dilakukan Tokobagus saat ini," paparnya lebih lanjut.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More