Pages

Minggu, 12 Februari 2012

Pendinginan Alami akan Digunakan untuk Fasilitas Komputasi Skala Besar

Berkeley Lab, salah satu pusat penelitian yang dimiliki oleh Departemen Energi Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka telah memulai pembangunan fasilitas komputasi baru yang diberi nama Computational Research and Theory (CRT) Facility. Fasilitas komputasi baru tersebut dibangun berdasarkan konsep ramah lingkungan dan akan menggunakan pendinginan alami dari lingkungan di sekitar fasilitas.


Fasilitas komputasi berpendingin alami yang dibangun Berkeley Lab tersebut terletak di teluk San Francisco, Amerika Serikat, yang selalu diselimuti udara dingin sepanjang tahun. Udara dingin di teluk tersebut akan ditarik ke dalam fasilitas komputasi dan menjadi media pendingin utama. Menurut Berkeley Lab, penggunaan udara dingin tersebut tentu saja akan menekan biaya sistem pendinginan di fasilitas tersebut.

Nantinya, fasilitas komputasi baru tersebut akan digunakan sebagai tempat beroperasinya supercomputer dengan kemampuan sangat tinggi yang juga dilengkapi dengan sistem pendingin alami yan ramah lingkungan. Menurut rencana, fasilitas tersebut akan selesai dibangun di tahun 2014 mendatang.
 


0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More