Pages

Jumat, 10 Februari 2012

Danau Vostok: Kapsul waktu Antarktika yang telah berumur 15 juta tahun

Setelah pengeboran selama lebih dari 20 tahun, para ilmuwan Rusia akhirnya mencapai sebuah danau purba yang terkubur 2 mil di bawah permukaan es. Apakah penantian itu ada manfaatnya?



Gambar seorang laki-laki di kamp penelitian Vostock di Antarktika pada tahun 2006: Para peneliti melakukan pengeboran es kutub 2 mil hingga mencapai sub-gletser purba.

Setelah pengeboran selama lebih dari 20 tahun, para ilmuwan Rusia akhirnya berhasil mengungkapkan adanya saluran vertikal menuju ke Danau Vostok, sebuah danau air tawar purba yang terkubur selama sekurang-kurangnya 15 juta tahun pada kedalaman lebih dari 2 mil di bawah permukaan es. Inilah salah satu kapsul waktu terbaik bumi kita yang harus Anda ketahui:



Penampakan para ilmuwannya lagi perayaan kemenangan

Bertahan. Mereka melakukan pengeboran selama dua dekade?

Benar. Pengeboran dimulai sejak tahun 1989—bahkan sebelum para ilmuwan mengkonfirmasi adanya danau sepanjang 160 mil tersebut—dan "pengeboran itu berlarut-larut karena kekurangan dana, rusaknya peralatan, concern lingkungan, dan suhu yang sangat dingin," demikian disampaikan Vladimir Isachenkov kepada Associated Press. Barulah beberapa hari yang lalu, kata Andrea Mustain di Scientific American, "alat pengebor menyentuh lapisan es cair di bawah lapisan es yang kokoh dan mencapai air danau yang tawar dan tidak beku."

Apakah danau itu sangat dingin?

Ternyata tidak. Suhu di permukaan di Stasiun Vostok station tempat para peneliti bekerja adalah "paling dingin yang tercatat di bumi," mencapai minus 128 derajat Fahrenheit, kata Isachenkov. Tapi danau bawah air itu sendiri diyakini cukup hangat, berkat adanya "tekanan kuat kerak es dan energi geotermal energy dari bawah."
Apakah yang menjadikan danau itu begitu berharga?

Terutama karena adanya prospek penemuan kehidupan baru yang belum tersentuh. Makhluk apapun yang hidup di danau itu telah terkubur dan tersembunyi selama jutaan tahun. "Seperti menjelajahi planet lain, tetapi sebenarnya masih di planet kita," kata Robin Bell dari Columbia University kepada Associated Press. Tentu saja, pengeboran ini bisa menjadi awal yang baik untuk kegiatan pengeboran yang mungkin saja dilakukan di planet-planet lain, dan "sangat berharga untuk mempelajari kemungkinan kondisi di bulan Jupiter (Europa) atau Saturnus (Encedadus)," yang juga tertutupi oleh lapisan-lapisan es yang tebal, kata Marc Kaufman di Washington Post.

 Lantas, apakah semua sepakat bahwa ini adalah projek yang bermanfaat?

Tidak juga. "Upaya yang telah dilaksanakan selama puluhan tahun tersebut telah mengundang kontroversi terkait bahan-bahan kimia dan teknik-teknik yang digunakan dalam pengeboran," kata Kaufman. Sebagian ilmuwan mengkhawatirkan Danai Vostok yang “perawan” itu akan ternoda oleh bahan-bahan kimia yang digunakan dalam pengeboran, termasuk kerosin dan Freon.



0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More