Pages

Rabu, 01 Februari 2012

Merasa Kedinginan Setiap Saat? Ini Penyebabnya

img
Jika musim dingin seperti saat ini, tak heran banyak orang yang merasa kedinginan. Namun beberapa orang sering merasa kedinginan bahkan tak mengenal musim hujan atau kemarau. Bila Anda selalu merasa dingin setiap saat, mungkin ini menjadi penyebabnya.

Merasa kedinginan wajar bila kondisi lingkungan sekitar Anda memang dingin. Tapi bila Anda sering merasa kedinginan meski suhu lingkungan hangat, maka ada beberapa kondisi medis yang mungkin menyebabkannya.

Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kedinginan setiap saat, seperti dilansir Foxnews, Rabu (1/2/2012):

1. Jarang sarapan pagi
Sarapan pagi sangat dibutuhkan tubuh untuk menyiapkan tenaga dan merangsang sistem metabolisme tubuh. Bila Anda tidak sarapan, maka tubuh akan menghemat energi dan menghasilkan panas tubuh yang lebih sedikit, sehingga menyebabkan Anda sering merasa kedinginan.

2. Tidak cukup tidur
Orang yang kurang tidur juga cenderung lebih sering merasa kedinginan. Selain dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, orang yang kurang tidur juga cenderung tidak bertenaga sehingga tubuh tidak menghasilkan panas yang cukup.

3. Anemia
Anemia atau kurangnya sel darah merah juga bisa menyebabkan kedinginan. Sel darah merah ini befungsi membawa oksigen ke otak dan juga organ tubuh lainnya, jika jumlahnya berkurang maka ada bagian tubuh termasuk otak yang tidak mendapat oksigen dengan cukup. Salah satu gejalanya, orang akan lebih mudah merasa kedinginan.

4. Ketidakseimbangan hormon
Pada wanita, tingkat estrogen yang berfluktuasi juga dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap suhu dingin.

5. Hipotiroid (kekurangan hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu dan seringkali mudah untuk diraba. Kelenjar ini akan memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh.

Orang yang kekurangan hormon tiroid atau hipotiroid sering merasakan gejala seperti depresi, kelelahan, tidak toleransi terhadap dingin (sering merasa kedinginan), kulit dan rambut yang kering, tingkat kolesterol meningkat, denyut jantung menurun, konsentrasi menurun dan rasa sakit atau nyeri yang samar-samar.

6. Sindrom Raynaud
Sindrom Raynaud adalah gangguan vasospastik, yaitu pembuluh darah terkecil di jari tangan dan kaki mulai mengerut. Hal ini pada gilirannya menyebabkan jari kaki dan tangan menghitamkan dan bahkan kuku berubah rapuh.

Pembuluh darah mulai menyempit bila terkena suhu dingin yang ekstrem atau ketika orang menjadi emosional atau marah. Merokok dan bekerja dengan mesin bergetar kadang-kadang juga sering mengarah pada penyumbatan pembuluh darah.

7. Terlalu kurus
Berat badan terkait dengan massa otot dan lemak tubuh. Orang dengan berat badan rendah alias terlalu kurus memiliki massa otot dan lemak yang lebih sedikit, padahal otot berfungsi untuk menghasilkan panas dan bertindak sebagai isolasi lemak.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More