Pages

Senin, 06 Februari 2012

Studi: Aplikasi iOS Sering Crash Dibanding Android

iPhone 4S (inet)
Jakarta - Dari sebuah studi diketahui bahwa aplikasi untuk iOS lebih sering mengalami crash dibandingkan aplikasi Android. Adalah perusahaan monitoring Crittercism yang meneliti aplikasi-aplikasi untuk kedua sistem operasi tersebut.

Diketahui bahwa ada sebanyak 28,64% aplikasi di iOS 5.0.1 yang mengalami crash. Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan aplikasi untuk Android yang ternyata lebih stabil. Untuk Android terbaru, yakni 4.0.1, terhitung hanya ada 1,04% aplikasi yang crash.

Bisa jadi, aplikasi yang crash di iOS 5.0.i disebabkan karena sistem operasi itu terbilang masih baru, namun ternyata untuk iOS versi lama, jumlahnya pun terbilang cukup banyak. Contohnya untuk iOS 4.2.10 ia memiliki 12,64% aplikasi yang crash, kemudian di iOS 4.3.3 ada sebanyak 10,66% aplikasi.

Dilaporkan ada beberapa penyebab hal itu bisa terjadi. Dikutip detikINET dari Forbes, Senin (6/2/2012), hal ini mungkin saja diakibatkan karena isu hardware, semisal pemakaian layanan GPS atau kamera.

Koneksi internet juga disebut-sebut menyebabkan aplikasi iOS lebih sering mengalami crash. Tidak terkoneksinya ponsel ke internet dalam jangka waktu tertentu atau terjadi sesuatu saat perpindahan antara 3G atau WiFi adalah beberapa penyebabnya.

Dukungan bahasa (language support) di sejumlah piranti serta masalah memori di mana sebuah aplikasi seringkali memakan banyak memori, turut menyebabkan aplikasi itu rentan crash. Pun juga akan terjadi masalah apabila pengguna jarang mengupdate sistem operasinya ke yang versi lebih baru.

Crittercism sendiri menganalisa sebanyak lebih dari 214 juta aplikasi berbeda yang dirilis antara bulan November dan Desember 2011.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More