Pages

Rabu, 01 Februari 2012

Tempat-tempat Banyak Kuman yang Sering Dikunjungi Anak

img
Orang tua biasanya khawatir mengenai tempat-tempat kotor yang dikunjungi anaknya. Karena biasanya di tempat-tempat kotor tersebut banyak kuman. Apalagi banyak tempat dan benda yang mengandung banyak kuman disekitar kita dan sering berkontak dengan anak-anak.

Kira-kira tempat dan benda apa saja yang banyak mengandung kuman?

Berikut 10 tempat dan benda yang sering berkontak dengan anak dan mengandung banyak kuman seperti dikutip dari WebMD, Rabu (1/2/2012) antara lain:

1. Gagang sikat gigi

Kloset yang dekat dengan tempat penyimpan sikat gigi, sangat memungkinkan sikat gigi dapat terkontaminasi bakteri. Maka sebaiknya jangan meletakkan tempat sikat gigi di dekat kloset, atau ditempat yang memungkinkan sikat gigi terkontaminasi percikan air dari kloset.

2. Area hewan peliharaan di rumah

Anak biasanya sering bermain bersama hewan peliharaan. Tetapi hewan peliharaan dapat mentransfer bakteri, virus, dan parasit untuk anak-anak melalui air liur atau bulu-bulu mereka. Anak-anak harus selalu mencuci tangan mereka setelah menyentuh hewan peliharaan atau bermain dengan hewan peliharaan.

3. Halaman belakang

Jangan biarkan anak bermain di halaman dengan kotoran hewan. Pastikan anak telah vaksin tetanus, sehingga setiap luka atau goresan terlindung dari tetanus.

4. Kulkas

Salmonella, campylobacter, dan norovirus, yang dapat menyebabkan sakit perut dan diare, adalah bakteri yang sering berada di dapur dan kulkas. Untuk menghindari kontaminasi, maka sebaiknya secara rutin mencuci dan mendisinfeksi dinding dan rak kulkas.

5. Lingkungan hewan

Kebun binatang dan peternakan merupakan tempat yang memungkinkan anak-anak bisa dekat dengan binatang, serta tempat yang bagus untuk belajar. namun, di tempat-tempat tersebut anak-anak juga sangat mungkin terkontaminasi bakteri. Anak-anak harus mencuci tangan setelah menyentuh hewan dan berada di lingkungan hewan.

6. Lantai

Dengan tumpahan makanan, lemak, dan lalu lalang manusia dan hewan peliharaan, lantai bisa menjadi tempat kotor untuk bermain. Karpet dan lantai dapat dihinggapi tungau, jamur, partikel makanan, kotoran luar, dan bahkan potongan serangga. Partikel-partikel tersebut dapat memicu alergi dan serangan asma.

7. Genangan air

Genangan air merupakan tempat yang menggoda untuk bermain anak. Genangan air juga merupakan tempat berkembang biak bagi jamur, bakteri, dan serangga seperti nyamuk, yang bisa menularkan virus dan penyakit lainnya.

8. Sekolah

Bagaimanapun sekolah merupakan tempat umum, yang terdapat banyak kuman. Sebuah studi tahun 2006 di dua sekolah Michigan menemukan kuman sekitar 800 kali lebih banyak untuk air mancur daripada dudukan toilet.

9. Tempat bermain

Tempat penitipan anak dan tempat bermain, terutama tempat dengan fasilitas taman bermain dan peralatan bermain, dapat merupakan tempat bagi penyebaran bakteri seperti MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus). Bakteri S. aureus dapat memasuki tubuh lewat luka terbuka.

10. Mall

Mall juga merupakan tempat umum yang memungkinkan terkontaminasi banyak kuman. Hasil studi menunjukkan rel eskalator, tombol lift, kontroler permainan video, dan ATM merupakn tempat yang tidak dibersihkan secara teratur, sehingga banyak kuman yang berada disana. Sehingga setelah mengunjungi tempat umum, sebaiknya segera mencuci tangan.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More