Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

10 Monster yang Wajib Hadir di Game RPG

Features  »  News

10 Monster yang Wajib Hadir di Game RPG

By
February 10, 2012   ·   2 Comments

Apa yang membuat sebuah game RPG begitu menarik dan membius bagi para penggemarnya? Selain plot epik yang dihadirkan, kesempatan untuk mengembangkan karakter, musik yang membangun atmosfer, dan visualisasi, tema utama yang bergerak di sekitar dunia fantasi juga menjadi daya tarik yang tidak kalah penting. RPG memberikan kesempatan bagi kita untuk merasakan pengalaman secara langsung untuk terlibat di dalam dunia yang selama ini hanya muncul dalam cerita dan khayalan. Ini menjadi kesempatan terbaik untuk bermain peran sebagai sesuatu yang hanya bisa kita impikan sejak kecil: menjadi seorang pahlawan.
Para gamer yang mencintai genre RPG pasti menemukan satu tali merah yang menghubungkan semua game yang berbeda ini di dalam satu semesta yang sama. Tidak hanya elemen kecil seperti adanya bar angka dan hal kecil lain seperti HP – MP, atau mekanisme gameplay yang mirip satu sama lain, tetapi juga dari desain dunia, karakter, plot, hingga musuh di antara mereka. Perlahan namun pasti, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar game RPG berada pada satu pola besar yang sama. Banyak elemen yang datang berulang secara konsisten dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia RPG.
Salah satu unsur yang mungkin sering terlupakan adalah musuh yang dihadirkan di dalam genre ini. Walaupun cerita memang lebih berfokus pada karakter utama, namun kehadiran musuh sebagai pihak oposisi yang memberikan tantangan tidak kalah pentingnya. Interaksi antara karakter utama dan pihak musuh, terutama monster yang ada, dalam pertempuran maupun event-event sinematik menjadi bumbu penyedap terkuat bagi sebuah game. Seringkali, kehadiran mereka justru menghadirkan satu sensasi epicness tersendiri. Tidak jarang, Anda akan merasakan sesuatu yang kurang jika tidak bertemu dengan satu jenis dari mereka.
Dari semua monster yang pernah hadir di industri game, 10 monster apa saja yang selalu terlihat di setiap game RPG apapun yang dirilis? Yang mampu menjadi “identitas” sebuah game RPG yang mutlak? Inilah list subjektif kami:

10. Giant Rats


Sebagian besar game RPG yang hadir di industri game selalu meminta Anda untuk mengembangkan karakter dari level yang paling awal. Dengan kemampuan yang masih terbatas, damage yang rendah, dan tanpa skill sama sekali, developer tidak mungkin akan langsung meminta Anda untuk melawan monster-monster besar yang kuat (kecuali Demon dan Dark Souls, game ini memang sedikit “kurang normal”). Oleh karena itu, mereka membutuhkan monster yang cocok untuk dilawan di awal permainan, namun sekaligus juga mampu membawa aura “berbahaya”. Cara terbaik? Dengan menghadirkan sosok tikus raksasa pemakan manusia. Ia terlihat mengancam, tetapi juga tidak terlihat tak mungkin untuk dikalahkan. Giant Rats adalah salah satu monster yang wajib ada.

9. Wild Wolves


Setelah tikus-tikus raksasa yang mengancam, gamer pasti menemukan monster yang satu ini. Didesain untuk memenuhi kebutuhan experience karakter yang baru berkembang, para serigala ini memang lebih sering datang dalam kelompok. Serangan mereka biasanya berfokus pada kecepatan dan serangan yang tiba-tiba. Efektivitas serangan untuk menyerang anggota kelompok mereka satu per satu memang selalu jadi strategi yang terbaik. Tipe serigala / anjing liar ini memang merupakan salah satu spesies yang paling mudah ditemukan. Beberapa game RPG memodifikasi spesies ini dengan beragam jenis dan penambahan, namun tetap mempertahankan model awal yang tetap familiar.

8. Toxic Spider

Selain tikus dan serigala, ada satu lagi monster yang selalu hadir di setiap gamer RPG yang lahir di industri game. Namun berbeda dengan monster lain yang diidentikkan dengan serangan fisik, monster yang satu ini lebih kental erat kaitannya dengan status effect yang bisa ia hasilkan untuk karakter protagonis yang kita gunakan. Benar sekali, laba-laba, apapun ukurannya , selalu diidentikkan dengan kemampuannya menghasilkan status poison yang berbahaya. Walaupun mudah untuk dibunuh, di seri-seri awal RPG lawas yang hanya mengandalkan potion untuk menyembuhkan status effect, laba-laba adalah monster yang sangat menyebalkan. Sedikit lengah, maka poison yang ia berikan akan perlahan datang mengklaim nyawa Anda.

7. Imps

Tidak lengkap rasanya jika sebuah game RPG tidak menyertakan sebuah monster dari spesies yang bukan binatang. Dari semua opsi varian yang mampu mendatangkan aura berbahaya yang sama dengan kelompok tersebut, dunia para Iblis memang menjadi yang paling cocok. Dunia yang identik dengan kegelapan, kekejaman, dan kejahatan ini memang menjadi oposisi yang paling sebanding dengan sebagian besar karakter kita yang berdiri di sisi terang. Salah satu iblis yang paling sering muncul di dunia RPG adalah Imp. Di beberapa game ia datang dengan wujud manusia iblis kecil dengan sayap, sementara di tempat lain ia divisualisasikan layaknya goblin yang datang dari neraka. Imp sering diasosiasikan dengan serangan berbasis magic dan terkadang menghasilkan status effect tertentu seperti Confuse dan Blind.

6. Slimey Slime

Dari semua monster yang ditampilkan developer di industri game, jenis monster yang satu ini mungkin yang paling tidak berbahaya. Jika monster yang lain datang dengan desain yang terlihat brutal dan menyeramkan, Slime datang dengan konsep jelly membal yang tidak terlihat berbahaya. Walaupun ia seringkali muncul sebagai musuh biasa, Slime selalu hadir dengan karakteristik yang sama, dimanapun ia dihadirkan. Slimey slime biasanya datang dengan kecepatan serang yang lambat namun daya tahan serangan fisik yang tidak ada tandingannya. Hampir tidak mungkin untuk mengalahkan monster ini hanya dengan pedang tanpa serangan magic. Di beberapa game, Slime juga memiliki kemampuan membelah diri dan menyulitkan gamer karenanya.

Pages: 1 2



Sumber 

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More