Pages

Senin, 06 Februari 2012

Ini Dia 8 Aplikasi Terbaik 'Coding 24 Jam' Lumia

Nokia Lumia (Ist.)
Bandung - Sebanyak 8 aplikasi lokal akan melenggang ke Windows Phone (WP) Marketplace. Aplikasi-aplikasi ini merupakan pemenang dari ajang kompetisi 'The Amazing Nokia Lumia Developer Days' yang diikuti oleh lebih dari 800 pengembang aplikasi dan berlangsung selama 24 jam tersebut.

Kedelapan aplikasi tersebut adalah Buzzlemall karya David Soendoro dari Buzzle Technology, Go Go Keto karya Mega Denditya dari UI, Shelterview karya Ahmad Tamimi F dari UIN.

Tak hanya dari Jakarta, beberapa karya developer Bandung juga sukses di ajang tersebut. Beberapa aplikasinya antara lain The Garbager, karya Muhammad Hilman dari org.com, Citizen Hero karya Alif Hanif Noor, dari ITT Telkom/Game Development Community dan MovieBlist karya M Dimas dari ITB.

Berikutnya Tito Daniswara, dari Radjalabs, Depok, dengan aplikasi Spothemall dan Karimul Makhtidi, dari IPB, Bogor, dengan aplikasi Wayang Solitaire.

Delapan karya pemenang ini akan langsung masuk ke dalam Windows Phone Marketplace. Bersanding dengan 55 ribu aplikasi yang sudah ada di WP Marketplace.

"Semua aplikasi yang berhasil dibuat dalam acara ini nantinya akan didaftarkan ke Windows Phone Marketplace. Ini memang bukan yang pertama kali aplikasi lokal yang masuk ke sana. Tapi karya-karya ini sebagai pembuktian bahwa developer dari Indonesia juga bisa membuat aplikasi yang bagus," ujar Narenda Wicaksono, Developer Outreach Manager, Nokia South East Asia.

Menurut Narenda, ekosistem aplikasi di Indonesia sangat menarik, aktif dan memiliki peluang bisnis yang besar. Bukan hanya bagi para developer, tapi juga membuka peluang bagi industri lainnya.

"Hingga saat ini Nokia Indonesia melalui Nokia Developer telah mendukung lebih dari 10.000 pengembang aplikasi lokal yang menghasilkan lebih dari 3.000 aplikasi lokal di Nokia Store dan dapat diunduh oleh pengguna Nokia di seluruh dunia," katanya.

Nokia dan Microsoft tidak hanya berhenti di ajang kompetisi saja. Kedua perusahaan ini akan melanjutkan usaha dan komitmen untuk terus mendukung ekosistem pengembangan aplikasi Windows Phone di Indonesia.

"Kerja sama yang dilakukan Nokia dengan Microsoft adalah dengan melaksanakan serangkaian kegiatan dalam bentuk workshop, seminar dan kompetisi yang bertujuan untuk mencari pengembang berbakat menghasilkan aplikasi-aplikasi terbaik," Narenda menandaskan.

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More