Pages

Sabtu, 04 Februari 2012

AMD Hentikan Penambahan Jumlah Core Prosesor Server

AMD menghentikan usaha penambahan jumlah core ke dalam prosesor server mereka, Opteron. Jumlah core yang ada dalam prosesor server milik AMD, sampai dengan 16 core, tidak akan bertambah hingga beberapa waktu ke depan. Hal tersebut disampaikan oleh Lisa Su, perwakilan dari AMD, dalam acara financial analyst day.


Perubahan cara pemanfaatan server yang terjadi belakangan ini membuat penambahan jumlah core tidak lagi efektif untuk meningkatkan kinerja server secara keseluruhan. Hal itulah yang dijadikan dasar penghentian upaya penambahan jumlah core dari AMD. Sebagai gantinya, mereka akan mengerahkan tenaga untuk memberikan alternatif lain dalam upaya meningkatkan performa server.

Salah satu hal yang akan dilakukan oleh AMD adalah mengintegrasikan graphics processing unit (GPU) sebagai bagian terintegrasi dari prosesor server untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan beberapa jenis operasi matematika tingkat tinggi dan perhitungan simulasi. Selain itu, AMD juga mulai menunjukkan niat mereka untuk menggunakan kumpulan prosesor hemat daya yang biasa digunakan pada laptop untuk digunakan pada server web berskala kecil.
Dalam beberapa tahun terakhir, AMD memang lebih menonjolkan penambahan jumlah core sebagai daya tarik utama prosesor server mereka. Namun, perubahan cara pemanfaatan server ternyata membuat hal tersebut tidak lagi efektif. Oleh karena itu, AMD tampaknya akan segera mencoba solusi baru yang telah mereka rancang dengan harapan agar solusi tersebut dapat digunakan secara luas secepat mungkin.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More