Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Bikin Aplikasi Dalam 24 Jam? Bisa Kok!

Nokia Lumia 800 (Ist.)
Jakarta - Apa yang ada di pikiran Anda ketika ditantang membuat aplikasi yang sehari harus jadi? Beberapa di antaranya pasti ragu. Namun stigma negatif tersebut coba ditepis oleh Microsoft dan Nokia. Mereka ingin membuktikan bahwa cuma dalam waktu 24 jam, sebuah aplikasi mobile bisa tercipta.

Hal ini pun coba direalisasikan kedua raksasa tersebut dalam sebuah acara bertajuk 'The Amazing Nokia Lumia Developer Day' di Graha Manggala Siliwangi Bandung, Jawa Barat, 4-5 Februari 2012.

Narenda Wicaksono, Developer Marketing Manager Nokia Indonesia menjelaskan, kemajuan teknologi saat ini sudah semakin memudahkan para devoloper dalam membuat sederet aplikasi.

"Sebab sudah banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pembuatan aplikasi ini, tidak seperti dulu yang harus dikerjakan lebih manual," tukasnya, dalam sebuah sesi wawancara terbatas di Jakarta.

"Makanya kita berani membuat acara 'The Amazing Nokia Lumia Developer Day'. Kita ingin membuktikan bahwa cuma dalam waktu 24 jam, sebuah aplikasi bisa dibikin," lanjut pria yang biasa disapa Naren ini.

Irving Hutagalung, Audience Marketing Manager Microsoft Indonesia menambahkan, dalam beberapa kesempatan, Microsoft juga telah membuktikan bahwa workshop pembuatan aplikasi mobile bisa diserap dengan cepat.

"Dengan workshop yang berlangsung 2-3 hari mereka sudah dapat mengarah untuk membuat aplikasi. Jadinya ketika mereka sudah memulainya lebih awal ini kan bisa lebih cepat lagi untuk membuat aplikasi sendiri," tukas Irving, dalam kesempatan yang sama.

Ajang 'The Amazing Nokia Lumia Developer Day' sendiri diharapkan dapat menggaet sekitar 800 developer untuk ikut ambil bagian. Di mana jika sesuai rencana, penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pun telah disiapkan penyelenggara.

"Paling tidak setiap developer yang ikut serta dapat menciptakan satu aplikasi Windows Phone. Nah, setelah itu setiap aplikasi yang tercipta akan kami masukkan ke Windows Phone market," kata Irving.

Tawaran masuk pasar aplikasi Windows Phone ini juga berlaku bagi mereka yang tak selesai mengerjakan aplikasi besutannya kala lomba besok. Jadi nantinya, bisa dilanjutkan di rumah dan tetap bisa didaftarkan.

"Namun tentu saja, ada proses verifikasi untuk menjaga kualitas dan keamanan dari aplikasi yang ada di Windows Phone market," Irving menambahkan.

Selain itu, acara ini juga bakal memilih delapan aplikasi terbaik yang akan mendapatkan ponsel Windows Nokia Lumia 800. Adapun kriteria penilaian terbaik bukan dari sisi kerumitan (sophisticated) dari aplikasi tersebut, melainkan imbasnya ke pasar lokal.

"Apakah pasar lokal nantinya kira-kira mau menggunakannya, stabil, aman, dan pastinya menarik," pungkas Irving, sedikit membocorkan kriteria penilaian.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More