Pages

Sabtu, 04 Februari 2012

IDC: Nokia Pimpin Pasar Mobile Phone Tahun 2011

Menurut IDC, tiga perusahaan pembuat mobile phone terbaik secara global adalah Nokia, Samsung, dan Apple. Walaupun mengalami penurunan penjualan, Nokia tetap memimpin market share pasar smartphone ini. Sedangkan Samsung dan Apple terus saja mengalami peningkatan.


Pada kuartal ke-empat untuk tahun fiskal 2011, Nokia mengapalkan 113.5 juta unit mobile phone, menurun dari angka 123.7 juta unit dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Samsung dan Apple masing-masing menduduki posisi kedua dan ketiga di kuartal tersebut. Samsung mengapalkan 97.6 juta unit mobile phone, meningkat dari angka 80.7 juta unit di tahun sebelumnya. Apple juga mengalami peningkatan pengapalan produk di kuartal tersebut. Pada kuartal 4 tahun 2010, Apple mengapalkan 16.2 juta unit produk, sedangkan di tahun 2011, Apple mengapalkan 37 juta unit. Perusahaan berikutnya yang ada di peringkat ke-empat dan ke-lima adalah LG dan ZTE.

IDC juga mengumumkan laporan pengapalan mobile phone untuk periode tahunan. Ranking yang ada di kuartal 4 di atas tidak mengalami perubahan sama sekali di laporan tahunan ini. Nokia ada di peringkat pertama, diikuti Samsung, Apple, LG, dan ZTE. Secara keseluruhan, Nokia mengapalkan 417.1 unit mobile phone, sedikit menurun dari angka 453 juta unit. Sedangkan Samsung dan Apple masing-masing mengapalkan 329.4 juta unit dan 93.2 juta unit. Keduanya mengalami peningkatan pengapalan produk dari angka 280.2 juta unit dan 47.5 juta unit.
Dengan nilai-nilai yang sudah disebutkan di laporan tahunan tersebut, IDC menyimpulkan kalau Nokia berhasil meraih 27% market share mobile phone, Samsung memiliki 21.3% market share, dan Apple ada di angka 6%.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More