Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Nokia Masih Jadi Rajanya Ponsel

Nokia Lumia (Ist.)
Jakarta - Meski sempat diragukan performanya, Nokia ternyata masih menjadi vendor ponsel terbesar di dunia. Hal ini dilihat dari jumlah pengapalan dan market share di 2011 lalu. Nokia mengalahkan Samsung dan Apple.

Hasil ini mengacu pada laporan yang dikeluarkan oleh IDC International Data Corporation (IDC). Apple sendiri masuk dalam tiga besar dengan menggeser LG.

Keberadaaan iPhone 4S disebut-sebut menjadi pendongkrak peringkat Apple pada kuartal keempat tahun lalu. Pada tahun 2011, Apple dilaporkan menjual sebanyak 37 juta unit iPhone, di mana naik 128% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pengenalan produk yang digilai seperti iPhone 4S yang sudah dikapalkan pada kuartal ke IV, memicu pertumbuhan smartphone," ujat Kevin Restivo analis senior IDC.

Nokia tetap bertahan menjadi pemimpin di daftar IDC untuk total pengapalan ponsel dikarenakan luasnya distribusi mereka di penjuru dunia. Dikutip detikINET dari PCWorld, Jumat (3/1/2012), perusahaan yang berbasis di Finlandia ini telah mengapalkan lebih dari 113 juta ponsel hanya di kuartal keempat saja.

Samsung berada tepat di bawah Nokia dengan jumlah pengapalan sebanyak 97 juta unit. Pertumbuhan Samsung ini dimotori oleh penjualan smartphone papan atas mereka terutama jajaran Galaxy (SII, Note, Nexus) dan Galaxy Ace.

Sementara LG sendiri harus menelan kekecewaan karena tersingkir dari posisi ke-3 lantaran feature phone mereka yang dinilai jadul dan seretnya volume penjualan smartphone mereka.

Daftar yang dirilis IDC ini menggabungkan antara market share dan pengapalan smartphone maupun feature phone. Berikut berturut-turut 5 besar vendor ponsel terbesar di dunia dengan total jumlah pengapalan unitnya di tahun 2011:

1. Nokia (417,1 juta)
2. Samsung (329,4 juta)
3. Apple (93,2 juta)
4. LG Electronics (88,1 juta)
5. ZTE (66,1 juta)



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More